Wirausaha

Mengembangkan kegiatan kewirausahaan secara mandiri dibuktikan dengan penjelasan atau proposal kegiatan, dan bukti transaksi konsumen atau slip gaji pegawai. Program ini wajib dibimbing oleh seorang dosen atau pengajar.

Deskripsi

Kompetensi penting untuk dapat survive dan berhasil di abada 21 yang dikembangkan oleh World Economic Forum (WEF) sangat terkait erat dengan kompetensi wirausaha, dimana secara umum diantaranya adalah kepemimpinan, kreatif, komunikatif, solutif, kolaboratif dan adaptif. Selain itu munculnya topik “kewirausahaan” pada semua fakultas dan menjadi salah satu Key Performance Indicator (KPI) Kinerja Universitas, menunjukan bahwa kewirausahaan sudah menjadi kompetensi penting bagi multidisiplin ilmu pada seluruh civitas akademik.

Kompetensi wirausaha sudah menjadi komepetensi dasar dimana kompetensi ini penting untuk dimiliki oleh setiap lulusan universitas, baik itu nantinya akan menjalani karir sebagai profesional (intrapreneur) maupun pebisnis mandiri (entrepreneur). Untuk memenuhi kompetensi wirausaha ini diperlukan susunan mata kuliah yang tepat dengan didukung dengan penerapan metode serta media penghantar pembelajaran yang juga sesuai.

Kebijakan “Kampus Merdeka” dari Kemendikbud RI, adalah peluang bagi Universitas Padjadjaran untuk menyedikan kurikulum pembelajaran kewirausahaan secara lebih fleksibel dan holistik, sehingga dapat dimanfaatkan bagi civitas akademik yang memiliki minat untuk pada bidang kewirausahaan yang selaras dengan kebutuhan keterampilan abad ke-21 ini.

Tujuan

Tujuan umum dari Program Bidang Kewirausahaan “Kampus Merdeka” ini adalah:

“Memenuhi kebutuhan kompetensi kewirausahaan pada mahasiswa sarjana (S1 dan D4) melalui rangkaian struktur kurikulum dan metode pembelajaran yang tepat dengan sarana pendukung yang mumpuni”

Adapun tujuan khusus dari program ini adalah:

  1. Mahasiswa memiliki Kompetensi Dasar Wirausaha
  2. Mahasiswa memiliki Kompetensi Lanjutan Wirausaha
  3. Mahasiswa memiliki usaha yang berkelanjutan

Program Unpad

1. Program Inkubasi Bisnis Oorange Unpad

Program Kemendikbud

1. Program ProKus

Selengkapnya https://wirausahamerdeka.id/

Program Kerjasama

Konversi Mata Kuliah

Skema free form

UNX01-020 Literasi bisnis (3 sks)
UNX01-022 Literasi keuangan (3 sks)
UNX01-023 Literasi Teknologi informasi (3 sks)
UNX01-018 Komunikasi dan Public speaking (4 sks)
UNX01-014 Inovasi dan pengembangan Desain (3 sks) UNX01-026 Pemecahan Masalah Kompleks (3 sks)
UNX01-024 Manajemen Proyek (3 sks)
UNX01-017 Kewirausahaan Sosial (3 sks)
UNX01-016 Kepemimpinan (3 sks)
UNX01-015 Keberagaman dan Multibudaya (3 sks)

Skema structure form

Konversi mata kuliah yang relevan (Mata kuliah asal dengan mata kuliah prodi) atau silahkan cek di sini

Share this: